Desain Interior UPN “Veteran” Jawa Timur Merilis Jurnal Rachana Interior

Desain Interior yang menjadi salah satu program studi baru di kampus Bela Negara, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur kini sedang berjalan selama dua tahun. Peminatan mahasiswa terus menai dan bersaing dengan kampus desain interior lainnya di Jawa Timur. Peminatan mahasiswa yang terus meningkat mendorong pula meningkatnya atmosfer penelitian dalam ruang lingkup desain dan budaya. April 2024 merupakan penerbitan pertama prodi desain interior merilis jurnal penelitian.

Jurnal Rachana Interior merupakan jurnal penelitian yang berkonsentrasi pada bidang desain interior dan bidang relevan lainnya yang menekankan hubungannya dengan budaya, serta membahas kompleksitas komposisi lingkungan interior, dampaknya terhadap penghuninya, dan aspek internal yang berkontribusi terhadap penciptaannya.

Nama “Rachana” berasal dari kata Sansekerta yang berarti “komposisi”. Sedangkan kata “Interior” merupakan kombinasi kata modern sehingga dapat diartikan secara harafiah menjadi “komposisi interior”. Makna kombinasi kata tersebut menekankan fokus ide jurnal pada budaya karena Bahasa Sansekerta dikenal sebagai artefak budaya klasik dan yang modern adalah representasi dari masa kini dan masa lalu. Visi dari Jurnal Rachana Interior adalah keberlanjutan dalam pengembangan desain interior melalui kreativitas para peneliti, akademisi, praktisi berpengalaman, baik dari masa lalu, masa kini dan masa depan.

Jurnal Rachana Interior diterbitkan oleh Program Studi Sarjana Desain Interior Fakultas Arsitektur dan Desain, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur dengan frekuensi sebanyak dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Jurnal ini dirancang untuk mengkombinasikan antara teori dan praktik guna menyediakan forum ilmiah penting bagi semua orang yang tertarik pada desain, sejarah, dan makna interior, yang diperiksa melalui diskusi teoretis. Untuk itu, bagi peneliti, akademisi, dan praktisi berpengalaman yang tertarik untuk menerbitkan karya ilmiah desain interior dapat mendaftarkan karya tulis di laman web Jurnal Rachana Interior.

EnglishIndonesian