Tune In #6 Mengajak Mahasiswa Desain Interior Berkenalan dengan Industri 3D Profesional

Program Studi Desain Interior menggelar acara Tune In #6 yang bertemakan “Stepping into the Future of Space: Professional Opportunities in the 3D Industry for Interior Design”. Tema ini saat ini sangat berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari karena makin gencarnya dunia Artificial Intelligence (AI) yang sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Media visualisasi pengembangan ilmu pengetahuan digital mencakup berbagai teknologi dan platform yang memanfaatkan elemen visual untuk menyajikan informasi, konsep, dan data ilmiah secara lebih jelas dan menarik. Ini termasuk animasi, grafik interaktif, simulasi, virtual reality (VR), augmented reality (AR), dan visualisasi data yang digunakan dalam pembelajaran, penelitian, dan komunikasi ilmiah. Melalui media visualisasi ini, kompleksitas konsep ilmiah dapat disederhanakan dan dipahami dengan lebih baik oleh berbagai kalangan, serta memfasilitasi eksplorasi data yang mendalam dan interpretasi yang lebih baik. Dengan demikian, media visualisasi pengembangan ilmu pengetahuan digital memainkan peran kunci dalam meningkatkan efektivitas komunikasi ilmiah dan mempercepat kemajuan dalam berbagai disiplin ilmu.

Dengan menggandeng Bapak Sie Arifin Ciputra, seorang 3D Artist sekaligus pendiri di Viewsien Studio yang sudah bergerak sejak tahun 2011, mengajak mahasiswa memperkenalkan berbagai karya 3D desain dengan menggunakan berbagai media software yang nantinya dapat dijadikan sebagai gambaran mahasiswa di dunia kerja kedepannya. Acara in dimoderatori oleh Ibu R. Ayu Firdausi N.R., S.T., M.Ds. selaku dosen Desain Interior dan dipandu oleh Agnes Athalia Ayuningrum selaku MC mahasiswa Desain Interior.

Penyelenggaraan Studium Generale Interior #6 bertujuan untuk meningkatkan atmosfer forum ilmiah Program Studi Desain Interior dengan topik yang mendukung bidang keunggulan penelitian UPNVJT terkait kajian visualisasi desain ruang pada media digital, yang merupakan lingkup pendukung bidang sosial humaniora – seni budaya – pendidikan.

EnglishIndonesian