Studi Banding Program Studi Desain Interior ke ISI Yogyakarta dan Surakarta

Studi banding merupakan salah satu bentuk kegiatan kunjungan langsung pada instansi
lain yang dianggap lebih unggul. Hal ini untuk mengetahui seberapa besar perbandingan baik system maupun proses pembelajaran, penelitian serta pengabdian pada masyarakat termasuk didalamnya fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki instansi tersebut. Selain itu kegiatan ini juga dapat menjadi jembatan untuk melakukan kerjasama yang lebih luas kedepannya. Intansi yang dituju dalam studi banding ini adalah program Studi Desain Interior Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta yang telah terakreditasi Unggul, serta Program Studi Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta. ISI sendiri merupakan salah satu perguruan tinggi seni negeri tertua,terbesar dan terbaik di Indonesia versi DIKTI.

Pada kegiatan hari pertama, 27 Agustus 2023, dilakukan kunjungan ke program studi desain interior . Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakata. Kegiatan ini disamput langsung oleh Pembantu Dekan I Dr. Yulriawan Dafri, M.Hum pembantu dekan II Yulyta Kodrat P, S.ST., M.T, Kajur Disain Interior Martino Dwi Nugroho, S.Sn., M.A. dan Korprogdi Desain Interior Dr. Mikke Susaunto, M.A serta beberapa dosen dan staff terkait. Acara pertama diawali dengan pidato oleh perwakilan kedua institusi kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU dan MoA antara Fakultas Arsitektur dan Desain yang diwakili oleh Bapak Ibnu Solichin, ST., MT. selaku Dekan FAD UPN “Veteran” Jawa Timur dan Fakultas Seni Rupa dan Desain yang diwakili langsung oleh bapak Dr. Timbul Raharjo, MHum. selaku rektor ISI Yogyakarta. Selanjutnya acara diisi dengan pemaparan visi misi dan kurikulum program studi interior yang disampaikan oleh ketua jurusan dan dilanjutan dengan kunjungan pada sarana dan prasarana pembelajaran. Acara studi banding ini juga diselingi dengan kunjungan ke gallery PT. Timboel yang memajang hasil karya kerajinan tangan dari bapak Timbul Raharja.

Kegiatan hari kedua (28 Agustus 2023), dilaksanakan di ISI Surakarta. Kegiatan studi banding tepat dimulai puku 13.00 WIB dan diterima langsung oleh Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain yakni Dr. Ana Rosmiati, S.Pd., M.Hum. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh dekan FSRD ISI Surakarta dan juga dekan FAD UPN “Veteran” Jawa Timur. Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU dan MoA antara Fakultas Arsitektur dan Desain yang diwakili oleh Bapak Ibnu Solichin, ST., MT. selaku Dekan FAD UPN “Veteran” Jawa Timur dan ibu Dr. Ana Rosmiati, S.Pd., selaku dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta. Selanjutnya acara diisi dengan pemaparan sekilas profil Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta yang dilajutkan dengan diskusi. Acara kegiatan studi banding kemudian dilanjutan dengan kunjungan pada sarana dan prasaran pembelajaran diantaranya raung kelas, ruang pamer, laboratorium, dan juga ruang staff dan dosen.

EnglishIndonesian