Fit In #1 – Praktik Membuat Gerabah

Program Studi Desain Interior merilis kegiatan baru, yaitu Field Study Interior, yang bisa dipanggil dengan Fit In. Fit In Series ini merupakan kegiatan yang mewadahi kegiatan kuliah lapangan mahasiswa program studi Desain Interior Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Pada seri pertama Fit In kali ini diadakan di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto dengan diikuti oleh seluruh peserta mahasiswa Program Studi Desain Interior semester 1 yang baru saja menjalani 3 minggu perkuliahan.

Fit In #1 bertema “Seni Budaya dan Praktik Membuat Gerabah Tradisional Majapahit di Desa Bejijong Majapahit”. Bejijong merupakan sebuah desa di Kabupaten Mojokerto yang berlokasi di jantung kota bekas Kerajaan Majapahit. Desa Bejijong menjadi desa wisata dengan merangkum paket wisata berbasis seni budaya, sejarah, alam, dan industri kreatif sekaligus. Salah satu hasil budaya yang masih dilestarikan Desa Bejijong sejak zaman Kerajaan Majapahit hingga kini adalah gerabah.

Fit In seri pertama ini mengangkat tema praktik membuat gerabah untuk mengenalkan kembali hasil budaya Kerajaan Majapahit, kerajaan terbesar di Indonesia, sekaligus mengajak mahasiswa untuk melatih keterampilan serta kreativitas dalam membuat kerajinan gerabah. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 September 2023 denga didampingi oleh dosen Desain Interior Ibu Ratna Andriani Nastiti, S.T., M.Ds., Ibu Aldila Yuanditasari, S.T., M.Ds. dan Ibu R. Ayu Firdausi Novira R., S.T., M.Ds.

Mahasiswa prodi Desain Interior sangat antusias dengan kegiatan kuliah lapangan ini. Rombongan Prodi Desain Interior UPN Veteran Jatim juga disambut hangat oleh pihak Desa Bejijong. Dengan Kuliah Lapangan ini diharapkan mahasiswa dapat mengenal lebih jauh tentang budaya di Indonesia melalui hasil budaya berupa kerajinan tangan gerabah, serta dapat mengenalkan dan mengaplikasikan kerajinan gerabah pada berbagai konsep desain interior di perkuliahan maupun di dunia kerja agar kerajinan gerabah juga tetap lestari di tengah globalisasi saat ini.

EnglishIndonesian