Tune In #4 Mengajak Kita Memahami HKI Industri Desain Mebel

Serial Tune In baru saja menyelesaikan acara lagi. Kali ini serial Tune In #4 mengangkat tema “Memahami Peran Hak Kekayaan Intelektual dalam Industri Desain Mebel”. Yang unik dari serial ini adalah acaranya yang diadakan di tempat yang tidak biasa, yaitu di dalam mall. Acara Tune In #4 yang diadakan pada tanggal 17 Oktober 2023 lalu bertempat di Home Pro Lantai LG Pakuwon Mall, Surabaya.

Lokasi Tune In #4 yang berbeda kali ini merupakan hasil kerja sama antara Program Studi Desain Interior dengan Mitrapabrik.com yang sedang mengadakan acara East Java Archibition 1.1. Selain adanya perkuliahan umum di event ini, Prodi Desain Interior juga turut serta memeriahkan pameran di acara Archibition 1.1 dengan menampilkan karya-karya terbaik mahasiswa semester 1 di Mata Kuliah Seni Budaya Nusantara, yaitu dengan menampilkan karya desain batik dengan tema Harmonious of Bhinor dan karya kerajinan tangan gerabah hasil kuliah lapangan di Desa Bejijong, Mojokerto.

Penyelenggaraan kuliah umum kali ini memiliki arah meningkatkan kreativitas melalui adanya peran Hak Kekayaan Intelektual untuk melindungi ide dan desain yang diaplikasikan pada desain mebel. Topik ini berkaitan erat dengan bidang keunggulan penelitian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, yakni pada pengembangan Hak Kekayaan Intelektual melalui karya desain mebel yang sangat mempengaruhi keberlanjutan dari industri desain mebel, dalam kaitan sebagai perlindungan bagi desainernya.

Acara Tune In #4 dibawakan oleh Shelly Vika Putri, mahasiswa semester 1 Prodi Desain Interior, selaku MC dan acara inti dibawakan oleh Ibu Dyan Agustin, S.T., M.T. selaku moderator. Narasumber pada acara ini adalah Bapak Nugraha Pratama Adhi, S.T., M.HP. yang merupakan seorang Konsultan HKI di wilayah Surabaya. Acara ini tidak hanya diramaikan oleh Dosen dan Mahasiswa Prodi Desain Interior dan Prodi Arsitektur UPN Veteran Jawa Timur, tapi juga oleh masyarakat umum yang sedang berlalu-lalang di sekitar acara Archibition 1.1 atau di dalam Pakuwon Mall. Selain itu terdapat pula peserta mahasiswa berbagai kampus di Surabaya seperti ITS dan ITATS. Sebanyak 115 peserta terdaftar mengikuti berlangsungnya Tune In #4 kali ini.

Dengan adanya kuliah umum ini diharapkan peserta acara, khususnya mahasiswa, memahami pentingnya peran Hak Kekayaan Intelektual dalam mendesain, terutama pada desain mebel. HKI mencakup hak cipta, paten, merek dagang, dan hak desain industri, yang semuanya bertujuan untuk melindungi kreativitas, inovasi, dan investasi yang terlibat dalam menciptakan desain mebel yang unik. HKI bukan hanya tentang melindungi hak-hak legal, tetapi juga tentang memotivasi para desainer untuk terus berinovasi, menghasilkan karya-karya yang berkualitas, dan mendapatkan pengakuan serta imbalan yang pantas atas usaha kreatif mereka.

EnglishIndonesian