Tune In #3 – Interior Lighting, Kolaborasi Fungsi dan Mood

Studium Generale Interior, atau yang sering dikenal dengan sebutan Tune In series, kembali digelar. Seri kali ini adalah Tune In #4, dengan tema Interior Lighting – Kolaborasi Fungsi dan Mood. Pada tema ini membahas tentang pencahayaan dalam ruangan tidak hanya sebagai fungsi pencahayaan itu sendiri, tapi juga sebagai pembangun suasana ruang. Sebuah desain interior yang baik tidak akan menjadi baik apabila tidak ada pencahayaan. Pencahayaan menjadi sebuah unsur yang sangat penting dalam interior.

Tune In #4 kali ini dibawakan oleh Ibu Aloysia Krisnawatie, S.T., M.Ds. selaku moderator dan narasumber oleh Ibu Chrysan Adi putri, S.T., seorang praktisi yang ahli di bidang interior lighting di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Acara ini diadakan secara daring dan luring pada tanggal 18 September 2023. Acara luring digelar di Ruang Seminar Gedung FIK lantai 3 dan dihadiri oleh ratusan peserta mahasiswa dari program studi desain interior dan juga mahasiswa program studi arsitektur. Kedua bidang studi tersebut memang lekat dengan pencahayaan, karena sangat erat kaitannya dengan estetika desain interior maupun arsitektur. Selain itu, peserta daring pada acara Tune In #4 ini juga diikuti oleh peserta dari luar Kampus UPN Veteran Jatim, seperti Universitas Universitas Hayam Wuruk, Universitas Lancang Kuning, UIN Sunan Ampel, dan ISI Jogjakarta.

Pencahayaan pada interior tidak hanya memiliki dampak signifikan pada estetika dan tampilan ruangan, namun pemilihannya yang bijak juga dapat mempertajam fitur-fitur desain interior, menyoroti elemen-elemen kunci, dan menciptakan efek visual yang menarik. Pencahayaan juga dapat digunakan untuk mengarahkan perhatian pada area tertentu, seperti karya seni, furnitur, atau arsitektur ruangan. Dengan merancang pencahayaan yang sesuai, desainer interior dapat mencapai hasil yang indah dan estetis
dalam sebuah karya desain.

EnglishIndonesian