Fit In #2 – Inspirasi, Eksplorasi dan Inovasi Desain Mebel

Setelah sukses melaksanakan Fit In seri pertama, tidak lama kemudian dilanjutkan dengan seri kedua. Seri kedua kuliah lapangan Prodi Desain Interior kali ini membahas tentang furniture. Fit In #2 bertema “Inspirasi, Inovasi dan Eksplorasi Desain Mebel”. Kuliah lapangan kali ini diikuti oleh peserta mahasiswa Desain Interior semester 3 yang sedang menjalani mata kuliah Desain Mebel I, dan didampingi oleh Ibu Ibu R. Ayu Firdausi Novira R., S.T., M.Ds.

Agar mahasiswa memahami tentang desain mebel tidak hanya di kelas, kuliah lapangan ini bertujuan untuk mengaplikasikan teori-teori yang telah dipelajari di kelas ke dalam dunia nyata. Mahasiswa menjadi lebih memahami tentang konsep desain yang telah mereka pelajari, dan mendapatkan pengalaman praktis sekaligus melihat secara langsung tentang proses produksi mebel mulai dari konsep desain hingga produksi di lapangan. Selain itu, kuliah lapangan juga memberi kesempatan mahasiswa untuk berinteraksi secara langsung dengan profesional di lapangan.

Desain mebel salah satu faktor pembentuk sebuah desain ruangan. Dalam mendesain interior, tidak hanya konsep desain yang menjadi penekanan utama, namun juga implikasi desain ketika di lapangan. Kuliah lapangan ini memberikan kesempatan mahasiswa untuk mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya dari praktisi yang lebih ahli di bidang mebel.

Fit In #2 diadakan pada tanggal 5 Oktober 2023 di sebuah workshop PT. Varia Cipta Pratama yang berlokasi di Jl. Raya Sidorejo No.114, Sidorejo, Trosobo, Kec. Krian, Kabupaten Sidoarjo. PT. Varia Cipta Pratama merupakan perusahaan pioner pintu besi harmonika pertama di indonesia yang berdiri pada tahun 1965 hingga sekarang dan kini produksinya berkembang menjadi berbagai macam produk. Mengikuti perkembangan teknologi, PT Varia Cipta Pratama juga memproduksi produk upcycle dengan memanfaatkan daur ulang limbah dengan bahan berkualitas. Salah satu produk yang pernah dihasilkan adalah Ngilo, furniture karya Ibu R. Ayu Firdausi Novira R., S.T., M.Ds.

Dengan diadakannya kuliah lapangan ini diharapkan mahasiswa Prodi Desain Interior UPN Veteran Jatim tidak hanya menerima pengetahuan teoritis, tetapi juga melibatkan diri secara aktif dalam pengalaman dunia nyata yang mengubah pandangan mereka tentang dunia desain mebel. Selain itu, dapat memberikan mahasiswa keterampilan praktis yang solid, mengasah kemampuan merancang, memilih material, dan mengelola proses produksi dengan presisi yang dibutuhkan. Peluang ini juga mengasah kreativitas mahasiswa, memberikan wawasan tentang inovasi, dan menantang mahasiswa untuk menciptakan mebel yang tidak hanya estetis, namun juga berfungsi secara optimal. Dengan demikian, mahasiswa siap untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan dan akan berperan aktif dalam membuat dunia desain mebel menjadi lebih indah, inovatif, dan bermakna bagi masyarakat secara luas.

EnglishIndonesian